Uncategorized

BERJUANG LEWAT KARYA

Bulan Agustus adalah bulannya Bangsa Indonesia. Pada bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 17, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang sudah mencapai umur yang ke 72 tahun pada tahun 2017 ini. kita harus banyak-banyak bersyukur, karena kita terlahir sebagai generasi yang tinggal menikmati dan merayakan kemerdekaan, tanpa repot-repot harus mengangkat senjata dan mempertaruhkan nyawa untuk meraih kemerdekaan itu sendiri. Meski sudah merdeka, bukan berarti perjuangan juga terhenti. Sebagai generasi muda, kita juga bisa, atau malah seharusnya, tetap berjuang lewat suatu hal yang bernama karya. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa diperhatikan saat kalian ingin memulai atau mengembangkan sebuah karya.

  1. Mulai dan Bertumbuh

Perjuangan pertama yang harus dihadapi saat ingin menghasilkan suatu karya adalah memulai. Mulailah menemukan passion kita masing-masing dan kemudian mulai perkenalkan hal tersebut kepada orang lain. Jangan takut kalau hasilnya kurang memuaskan atau dibilang jelek oleh orang lain karena karya pertama yang tidak sempurna adalah sebenarnya adalah wajar. Yang tidak wajar adalah ketika kesempurnaan itu terus berlanjut tanpa perbaikan. Maka belajarlah dari kesalahan dan terus berkembang, terus bertumbuh.

  1. Cerdas di Dunia Maya

Pada masa sekara g, lewat internet dunia seakan ada di ujung jemari kita. Dan harusnya hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya Masalahnya adalah, seberapa banyak kita memanfaatkan internet lebih dari sekedar untuk hiburan belaka. Dengan internet dan berbagai website kece di luar sana, kita bisa sekolah gratis cukup bermodal kouta. Atau malah tanpa biaya andai ada wifi gratisan.

  1. Siap Mental

Ketika kita sudah menunjukkan karya kita kepada orang lain, maka kita harus menyiapkan mental. Mental untuk dipuji, dan mental untuk dikritik. Kalau kita mendapat pujian, tentunya itu bagus. yang menjadi masalah adalah ketika kritik malah yang datang. Kritik yang bisa saja tidak kita duga, karena percayalah, di luar sana ada banyak orang yang sepertinya memiliki bakat untuk menemukan kesalahan orang lain. Kita juga harus menyadari, kita tidak bisa memaksakan isi kepala kita sama dengan isi kepala orang lain. Jadi, andai ada kritik, anggap saja itu penggemar yang bertugas mencari kelemahan kita. Karena mungkin, sebuah kritik lebih baik daripada tidak dipedulikan sama sekali.

  1. Belajar Bermacam-macam

Jadilah seseorang yang selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar. Andai kalian hobi memasak dan ingin membuat channel memasak di youtube, kalian sebaiknya tidak cuma harus mengasah kemampuan memasak, tapi kalian juga bisa belajar bagaimana ilmu publik speaking agar saat kalian ngomong jadi terdengar menarik dan mudah diikuti, belajar video editing agar hasil videonya kece, bahkan belajar digital marketing bagaimana cara menarik pengunjung ke channel kalian.

  1. Membangun Koneksi

Memiliki orang-orang yang bisa mendukung dalam berkarya itu sangat penting. Jadi banyak-banyak lah bergaul dengan berbagai orang dan akan lebih baik bila kalian memiliki relasi dengan orang dengan talenta yang berbeda-beda. Selain bisa saling berbagi ilmu, kalian juga dapat saling membantu sesuai keahlian yang dimiliki. Selain itu percayalah, kesuksesan akan terasa lebih nikmat bila kita bisa membaginya dengan orang lain.

Salah satu rekan saya yang hingga kini juga terus berjuang oleh lewat karya-karyanya adalah saudara Alam. Seorang blogger yang juga mahir dalam dunia Desain Grafis yang karya-karyanya juga bisa kalian lihat di channel Youtubenya ini. Kami juga sama-sama tergabung dalam Pena Blogger Banua salah satu komunitas Blogger Banjarmasin yang juga kalian bisa tengok tulisan-tulisan kami di sini, Website Karya Anak Banua. Sekian, dan mari terus berjuang lewat karya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam:

1 thought on “BERJUANG LEWAT KARYA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *