Uncategorized

ISSUE NO.7: ECC

Gue dulu kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Yup, andai gue kaya orang kebanyakan sekarang gue harusnya sedang sibuk bergelut di kompetisi perebutan jatah CPNS di negeri ini. Tapi kebetuan gue memilih jalan yang agak beda dari itu dan sekarang gue bekerja di bidang yang cukup jauh beloknya dari jurusan yang gue ambil saat kuliah, otomatis dalam keseharian, gue pun gak mendapat banyak kesempatan untuk menerapkan ilmu-ilmu berbahasa Inggris. Namun beberapa waktu kebelakang gua akhirnya menemukan tempat dimana sisi Bahasa Ingrris gue bisa tersalurkan, di dalam sebuah perkumpulan yang bernama English Conversation Club (ECC) Banjarmasin.
ECC adalah sebuah klub bagi yang pengen mengasah keterampilan Bahasa Inggrisnya, terutama dalam hal speaking atau berbicara. Apakah harus jago nyerocos Bahasa bule buat gabung ke klub ini? Gak dong, yang penting berani ngomong dulu, masalah skill mah bisa sambil jalan dikembangkan. Bayar? Kalo buat gabung klub sih gak bayar, tapi paling kalian nyediain biaya buat makan aja karena biasanya kita ketemuan di tempat makan atau café. Trus ngapain di klub ini?  Aktifitas di club ini sih bisa dibilang sederhana banget dan seperti nama club ini, isinya banyakan ngomong doang, hhe.

Gue dan temen gue, Gaza, kebetulan beberapa meeting terakhir mendapat kesempatan buat nyusun aktifitas klub ini. Saat mikirin konsep sih kita berusaha nyiapin aktifitas atau topik yang sederhana dan gak terlalu ribet buat dilaksanakan, karena emang durasi tiap meeting klub ini cuma sekitar 60-90 menit. Beberapa hal yang udah kita bahas kaya misalnya, How Indonesian Are You, disini kita ngebahas stereotipe-stereotipe yang katanya ada di orang Indonesia, kaya suka duren, suka ditanya kapan nikah, ibu-ibunya suka Tupperware, dan lain lain. Mention a moment when you help someone? Nyebutin satu moment saat nolong orang. Sounds so simple, tapi ternyata ini menarik banget buat dibahas, hhe. What if you can make a movie about yourself? Gimana kalo kita bisa bikin film yang terkait dengan hidup kita pribadi? Pas ini dibahas banyak banget ide-ide yang gak kepikiran dari para peserta. Itu beberapa topik yang sempet kita bahas, kedepannya kayanya masih banyak hal asik yang bisa dijadiin topik, mungkin kaya makanan teraneh yang pernah dicicipin, tips kecantikan, berimajinasi kalo misalnya dapet kesempatan bikin suatu brand, dan, wah, banyak sih lagi, haha…..

Kalo gue pribadi sih ECC sejauh ini bukan cuma sekedar tempat buat nyalurin skill berbahasa inggris, tapi lebih dari itu banyak hal menarik dari klub ini. Salah satunya adalah kesempatan untuk kenal orang-orang baru, dan dari berbagai latar belakang. Hampir disetiap pertemuan klub ini selalu ada partisipan baru yang ikut, karena itu pula lah, setiap awal pertemuan selalu dimulai dengan perkenalan anggota. Para peserta yang hadir pun macam-macam, ada yang masih kuliah, ada yang kerja, ada yang masih single, ada yang udah menikah, ada yang masih 20an, ada juga yang udah 40an, ada yang orang Banjarmasin asli, ada yang dari luar daerah, dan ada juga yang pernah berkesempatan ke negeri orang, kaya Thailand atau Amerika Serikat. Berbagai macam background partisipan ini lah yang membuat obrolan di klub ini bisa sangat menarik karena muncul dari berbagai sudut pandang, bisa sangat kocak karena berbagai hal unik yang pernah dialami oleh para peserta, dan banyak juga hal-hal inspiratif yang dishare dalam forum ini. Jadi pada akhirnya, klub ini bukan sekedar tempat buat upgrade skill berbahasa asing, tapi juga upgrade kepercayaan diri, menambah wawasan, melatih kemampuan bersosialisasi, dan menerima perbedaan terhadap berbagai macam sudut pandang. 

Buat yang kalian tertarik gabung, klub ini biasanya ngumpul di Liwis Bandarmasih Pizzeria tiap Minggu malam. Let’s having fun and get inspired together. Cheers !!!

Tulisan ini diikutsertakan dalam arisan blog yang diadakan oleh Pena Blogger Banua, komunitas Blogger Banjarmasin, yang kalian bisa tengok tulisan-tulisannya di sini, Website Karya Anak Banua. Sekian. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *